Cara Cepat Lunas Hutang dengan Sayyidul Istighfar


Assalamu 'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk cepat bisa melunasi hutang. Hutang uang, hutang yang menumpuk sampai setinggi gunung, Insya Allah selalu ada jalan terbaik dari masalah tersebut.

Hutang sebenarnya merupakan akibat dari ulah kita. Akibat dosa kita. Baik dosa kepada Allah, maupun dosa kepada manusia. Bener itu. Gak percaya? Filosofinya begini:

Manusia (Nabi Adam) diciptakan oleh Allah dengan jaminan rezki yang berlimpah, yaitu Surga kenikmatan. Allah memuliakan manusia (Nabi Adam). Allah memuliakan Bani Adam. Segala yang diinginkan manusia, Allah langsung hadirkan saat itu juga. Cuma karena melakukan dosa, kata Allah 'jangan makan buah khuldi', tetapi manusia (Nabi Adam) melakukannya, maka Allah lemparkan manusia ke muka bumi.

Ketika di bumi, apa yang dinginkan manusia tidak semudah ketika di Surga. Lebih susah hidupnya. Di bumi manusia harus berusaha. Untuk makan, manusia harus memanjat pohon, metik buah, kupas, baru makan. Lebih susah ketimbang di Surga.

Lalu, apakah manusia berhenti berbuat dosa? Dosa terus manusia. Akhirnya gak boleh metik sekarang, harus nanem. Tanam benih, tunggu tumbuh sekian bulan sekian tahun, panen, metik, masak baru kemudian bisa makan. Lebih ribet dan susah.

Tapi apakah berhenti manusia dosanya? Dosa lagi. Dosa terus. Akhirnya sekarang tidak boleh nanem, harus beli. Sehingga manusia harus berusaha untuk mendapatkna uang agar bisa membeli kebutuhannya. Pergi pagi pulang petang. Pergi pagi pulang malam, bahkan ada yang pergi pagi pulang pagi lagi. Banting tulang. Kerja keras untuk bisa menghasilkan uang. Lebih susah hidupnya.

Lalu, apakah dosa manusia berhenti? Dosa lagi. Tak berhenti manusia melakukan dosa. Akhirnya, gak boleh beli. Sekarang harus ngutang alias berhutang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Beli daster ngutang. Beli panci ngutang. Beli baju ngutang. Beli rumah ngutang. Beli mobil ngutang. Lebih susah hidupnya.

Terus, apakah berhenti manusia melakukan dosa? Nggak. Dosa lagi, dosa lagi. Sehingga apa? Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, manusia harus gali lobang tutup lobang. Dan parahnya, kalau diterusin lagi dosanya, akhirnya gali sumur tutup lobang. Hutangnya makin numpuk. Numpuk setinggi gunung. Hidupnya penuh dengan kesusahan. Hidupnya penuh dengan hutang. Sampai kapan manusia berhenti dengan kesusahan? Saya gak bisa jawab.

Sampai di sini, kita bisa tahu, apa penyebab kita hidup susah? Apa penyebab hidup kita banyak masalah? Apa penyebab kita banyak hutang? Mungkin salah satunya karena dosa.

Memang, kita sebagai manusia tempatnya salah dan khilaf. Tapi, apakah kita ada usaha untuk menebus kesalahan dan kekhilafan kita? Banyak-banyak istighfar. Banyak-banyak minta ampun. Banyak bertaubat. Insya Allah, Allah akan berikan pengampunan dan jalan keluar. Hutang Lunas. Cicilan kebayar. Mobil balik lagi. Rumah yang tadinya disita, kembali lagi. Istri yang tadinya meninggalkna kita, balik lagi. Anak yang tadinya melawan sama kita berubah menjadi anak sholeh dan santun.


Masya Allah.... Berikut ini adalah doa Sayyidul Istighfar. Doa yang Insya Allah bisa menghapus segala kesalahan dan dosa kita. Baca setiap hari. Baca setiap malam, terutama setelah shalat tahajjud. Baca yang banyak. Minimal 11 kali.

Yang Insya Allah artinya begini:
“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Sekian dulu dari saya... kita lanjut lagi di lain kesempatan.

...