Manfaat Membaca Al Quran di Bulan Suci Ramadhan

Manfaat Membaca Al Quran di Bulan Suci Ramadhan. - Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan keberkahan. Keberkahan itu datang untuk hamba-Nya yang senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Baik dengan ibadah yang wajib seperti puasa, shalat lima waktu dan zakat fitrah, maupun dengan ibadah yang sunnah seperti membaca Al Quran, mempelajari Hadits Nabi, berdzikir, bersedekah dan sebagainya.


Sebagai salah satu amalan sunnah, membaca Al Quran adalah suatu amalan ibadah yang bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi yang membacanya maupun bagi yang mendengarkannya.

Membaca Al Quran

Saya ingin menyinggung sedikit perihal membaca Al Quran dengan suara-suara merdu yang saat ini menjadi tren.

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a. dia berkata: suatu hari Rasulullah s.a.w. masuk ke dalam masjid dan melihat para sahabatnya sedang membaca Alqur’an, beliau bersabda: “Bacalah Alqur’an dan carilah dengannya (keridhaan/pahala) Allah s.w.t. sebelum datang suatu kaum yang akan memperbaiki bacaan mereka seperti menegakkan anak panah, yang dengan itu mereka mengharapkan materi duniawi dan mengabaikan balasan ukhrawi. (H.R. Imam Ahmad).

Membaca Alqur’an (sekalipun tidak diiringi dengan suara yang merdu dan lagu yang indah) akan diberikan balasan kepada yang membacanya berupa satu kebaikan dari setiap huruf yang ia baca. Dan setiap kebaikan dilipat gandakan pahalanya menjadi 10x lipat, apabila membacanya hanya mengharap balasan dari Allah. Sama sekali tidak mengharapkan pujian manusia atau imbalan apapun.

Rasulullah s.a.w. mengingatkan umatnya agar jangan sampai membaca Alquran secara berlebihan dalam hal memperindah lantunannya. Apalagi kalau ada maksud tertentu dibalik lantunan suara merdu tersebut. Entah itu popularitas. Ingin dipuji orang. Ingin didengar orang. Atau berharap imbalan materi.

Alqur’an diturunkan kepada manusia sebagai bacaan termulia, sarana berdzikir kepada Allah, merupakan petunjuk menuju kehidupan bahagia di dunia dan akhirat, sebagai bahan renungan, dan banyak lagi hal-hal lain yang semuanya itu untuk kebaikan hidup manusia.

Alqur’an bagaikan mata air yang apabila semakin dalam digali dan digunakan akan semakin banyak memberikan manfaat dan kepuasan bagi jiwa raga manusia. Sehingga, akan menjadi sesuatu yang sangat tercela ketika seseorang menjadikan Alqur’an hanya sebagai sarana untuk mencari materi duniawi atau popularitas dan pujian manusia.

Membaca Al Quran di Bulan Suci Ramadhan

Seyogyanya membaca Al Quran diniatkan untuk mendapatkan ridho Allah SWT, bukan untuk mengejar popularitas. Popularitas apa? Popularitas karena keindahan suara pembaca, kesyahduan lantunan bacaan al Quran. Contoh: lomba tilawatil Quran dan sebagainya.

Baiklah. Semua tergantung niat. Memang. Tapi lebih dari itu, terkadang niat karena Allah berubah menjadi niat karena manusia. Niat karena ingin dipuji manusia, karena suaranya bagus. Karena suaranya indah.

Yang jelas, yang harus kita lakukan sekarang adalah perbanyak membaca Al Quran di Bulan Ramadhan. Baik di siang hari ketika puasa. Atau malam hari setelah shalat tarawih. Kapan pun. Silahkan.

Salah satu manfaat membaca Al Quran di Bulan Ramadhan adalah hati menjadi tenang, pikiran menjadi adem, hidup terasa enteng.

Selain itu, masalah rezeki atau urusan bisnis bukan lagi menjadi masalah. Kita tidak akan dipusingkan oleh sulitnya mendapatkan uang, penjualan susah closing, omzet yang begitu-gitu aja, dan sebagainya.

Semua itu sudah Allah urus. Allah-lah yang memudahkan segala urusan. Ini karena wasilah kita rutin membaca Al Quran.

Jangan lupa, ilmu tajwidnya dipake. Adab-adabnya dipake. Membaca Al Quran berbeda dengan membaca buku. Ada aturan bacaan yang harus diperhatikan. Ada tata cara yang harus dilakukan.

Bagaimana kalau belum bisa tajwidnya? Pelan-pelan saja. Perlahan. Sambil belajar. Belajar langsung sama guru.

Sudah dulu ya.