TIPS SEDERHANA AGAR RAMADHAN LEBIH PRODUKTIF

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. 11 Bulan kita mencari dunia, 1 bulan kita khususkan untuk full ibadah. Karena memang seharusnya begitu. Sehingga fokus ibadah kita tidak terganggu oleh hiruk pikuknya dunia dan pekerjaan. Berikut ini adalah tips sederhana menjalani bulan Ramadhan agar lebih produktif. Silahkan dicoba.

amalan bulan suci ramadhan

1. Siapkan tekad dan niat yang kuat.
Tanamkan rasa rindu berjumpa dengan bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Berdoalah dari sekarang agar Allah sampaikan kita di Bulan Ramadhan.

2. Siapkan dana.
Dana untuk apa? Untuk ibadah dan berbagi. Nabi Muhammad SAW bersedekah bagaikan angin di bulan yang penuh rahmat tersebut. Bulan suci Ramadhan adalah saat yang tepat untuk bersedekah. Sebanyak-banyaknya. Jangan lupa, termasuk zakatnya juga ya.

3. Buat target amaliyah.
Targetkan dari sekarang, mau berapa kali khatam Quran? Mau nambah hafalan Quran berapa surat? Berapa juz? Tarawih dimana? I'tikaf di mesjid mana?

4. Berusaha melunasi hutang dan meminta maaf.
Ya hutang tetaplah hutang selama belum dibayar lunas. Kalaupun belum sanggup bayar lunas, segera minta maaf. Semua itu agar kita bisa menjalani bulan Ramadhan tanpa beban.

5. Ridyadhoh atau latihan.
Mulai dari sekarang perbanyak baca Quran, ngafal Quran, puasa sunnah Senin Kamis. Perbanyak amal dan jaga diri dari kemaksiatan.

Itu saja dulu..

Terima kasih ya.