Menyikapi Hidup Susah dan Penuh Cobaan


Hari ini adalah hari yang sangat berharga bagi saya, admin. Harapan, impian dan keinginan kadang tak sejalan dengan kenyataan. Apalagi jika bermimpi sesuatu yang tinggi dengan harapan besar, maka efeknya apabila tercapai maka senangnya luar biasa. Akan tetapi jika tidak tercapai, kadang-kadang kita hanya bisa mengelus dada, berusaha mengobati perasaan dan berkata "mungkin ini belum rezeki saya..".

Menurut beberapa pakar motivator, kunci kebahagiaan hidup itu adalah sabar dan bersyukur. Dan itu benar. Sabar ketika mimpi belum tercapai, bersyukur ketika mimpi jadi kenyataan.. Atau, bersyukur ketika kaya, bersabar ketika miskin. Bahkan sebaliknya, bersyukur ketika miskin, bersabar ketika kaya. Kalimat-kalimat tersebut seharusnya menjadi motivasi buat kita, agar hidup itu bisa tenang, tenteram, bahagia, tidak banyak mengeluh, tidak sombong, tidak merasa paling kaya, tidak merasa paling miskin, tidak merasa paling bener, tidak merasa paling gagal, tidak merasa paling sukses, tidak dihantui target yang tidak realistis, tidak dikejar deadline, tenang, adem, hati itu terasa nyes.. 

Selain sabar dan bersyukur, ada pula kunci kebahagiaan yang lain yaitu: Doa dan dzikir. Berdoa bukan hanya sekedar memanjatkan permintaan kepada Yang Maha Kuasa.. Berdoa adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt, pendekatan. Berdzikir bukan hanya sekedar mengucapkan kalimah thoyyibah, tasbih, tahmid dan tahlil. Tapi, lebih dari itu, dzikir mempunyai efek samping yang bagus. Efek sampingnya adalah hari menjadi tenang. Bukankah di dalam Al Quran sudah disebutkan bahwa dzikir itu bisa menentramkan dan menenangkan hati? Doa dan dzikir adalah dua hal yang saling berhubungan. Perbanyaklah berdoa dan berdzikir setiap pagi dan malam, Insya Allah, hidup akan tenang dan enteng. 

Semoga apa yang saya share hari ini bisa menjadi motivasi hidup bagi kita di saat hidup kita sedang susah, bisnisnya sedang redup, jualan gak laku laku dan sebaginya. 

Apa yang saya share hari ini, bukanlah semata-mata ingin menggurui saudara. Tapi ini untuk saya. Menasihati diri sendiri. Walaupun secara kebetulan, apa yang saya alami terjadi juga pada diri Anda. Semoga bermanfaat.

...

Terima kasih sudah membaca artikel urifhidayat.com. Kunjungi secara rutin www.urifhidayat.com.
Berisi panduan praktis seputar bisnis, dzikir, dan riyadhoh dengan bahasa ringan dan mudah dicerna. Dikunjungi 150.000 visitors setiap bulan.

Silahkan share ya, agar orang lain pun dapat merasakan manfaatnya

Baca Juga: