Doa Agar Diberi Hujan Lebat dan Berkah

Doa Agar Diberi Hujan Lebat dan Berkah

Hujan Lebat dan Berkah

Sudah sekian lama Indonesia dilanda musim kemarau panjang. Sejak awal maret 2015, kemarau atau musim kering melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk Bogor. Bogor, yang paling terkenal dengan sebutan kota hujan, pun tak luput dari panasnya musim kemarau.

Hujan lebat dan berkah? Siapa sih yang gak mau. Tanaman akan subur. Kebun akan kembali hijau. Air sumur tidak kering. Kebutuhan air akan tercukupi. Jalan raya tidak akan banyak debu beterbangan alias ngebul. Kebakaran hutan tidak akan terjadi. Asap kebakaran hutan akan berkurang dan hilang. Dan seterusnya.

Namun demikian, jangan salah ketika hujan melanda, bencana lain akan terjadi. Hujan tiga hari saja berturut-turut di kota Bogor bisa menenggelamkan sebagian kota Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang. Alias banjir. Sebenarnya siapa yang salah? Tidak mungkin kita menyalahkan Yang Maha Kuasa yang telah menurunkan hujan. Allah itu menurunkan hujan, bukan menurunkan banjir. Banjir tidak akan terjadi jika setiap warga Indonesia sadar akan pelestarian lingkungan. Bukan sekedar sampah yang menyebabkan banjir. Lahan di perkotaan sudah dengan sengaja ditutup oleh beton dan aspal, itulah penyebab utama banjir.

Mengapa harus hujan lebat dan berkah? Mengapa lebat? Mengapa harus berkah? Hujan lebat yang tidak berkah bisa menyebabkan bencana yang luar biasa. Hujan lebat dengan disertai angin kencang, itu bukan berkah namanya. Itu azab. Hujan lebat dengan banjir dan petir menggelegar, itu bukan yang kita inginkan. Itu bencana. Itu azab namanya.

Doa Agar Diberi Hujan Lebat dan Berkah


Lalu apa doanya agar diberi hujan lebat dan berkah? Perbanyak Istighfar. Minimal istighfar 100 kali lalu baca doa Allahumma Shoyyiban Naafia. Insya Allah, hujan akan turun dengan izin Allah.

Apa dasarnya? Apa ayatnya? Apa dalilnya? Memang kebanyakan dari kita, protes mulu. Kalau saya, jadi murid itu, nurut aja apa kata guru. Apa yang disampaikan ustadz. Nurut aja. Gak banyak tanya. Gak banyak protes. Kalau kebanyakan nanya, malah gak dibaca-baca tu. Gak action.

Tapi untuk menjawab "apa dalilnya dengan istighfar bisa jadi hujan"? Bapak ibu silahkan lihat dalam Al Quran, Surat Nuh ayat 10 sampai 12. Silahkan baca juga terjemahannya. Disitu jelas sekali, bahwa minta ampun sama Allah bisa membuat Allah menurunkan hujan lebat selebar-lebatnya.


Doa Agar Diberi Hujan Lebat dan Berkah

Maka Aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (QS. Nuh :10-12)

Dari ayat tersebut pun bisa ditarik pemahaman lain. Mungkin kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia adalah akibat penduduknya kurang istighfar. Kurangnya mohon ampun. Kurangnya ibadah. Kurangnya ibadah wajib. Kurangnya berdoa. Bisa anda lihat sendiri ke lingkungan sekitar anda. Lingkungan kantor. Rumah tangga. Mana yang yang lebih banyak, istighfar atau menggunjing? Mana yang lebih banyak, nonton bola atau shalat malam? Mana yang lebih banyak, shalat dhuha atau main game online?

Masya Allah. Akhir kata, semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa kita. Semoga Allah SWT mengampuni segala kesalahan dan kekhilafan kita, memberi rezeki yang banyak, memberikan hujan, hujan yang lebat, hujan yang berkah. Amin. Amin Yaa Robbal Alamin.