17 Kunci Sukses Dunia Akhirat dengan Ridho Allah SWT

Siapa sih orang yang tidak mau hidup sukses? Semua orang ingin hidup sukses, berkelimpahan, rumah yang bagus, kendaraan yang nyaman, hidup bahagia, bisa menyenangkan orang tua, bisa menyenangkan keluarga.


Tidak hanya itu. Semua orang juga ingin di akhirat nanti masuk surga, berkumpul bersama keluarga, bebas dari siksa api neraka. Dan jangan lupa juga, bahwa sebelum akhirat itu ada alam barzakh. Alam kubur. Ingin dong bebas dari siksa kubur, lolos dari interogasi malaikat munkar nakir, dan seterusnya.

Namun.. Yang namanya juga manusia biasa. Hidup pengen serba enak. Di dunia pengen enak, di akhirat juga pengen enak. Sementara dosa kita kelewat banyak, ibadah juga banyak bolongnya. Ampun dah. Astagfirullah.

Sukses Dunia Akhirat

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dunia dan kesuksesan akhirat? Simak dan perhatikan uraian berikut ini.

Hidup itu memang indah. Asli indah banget. Jika kita menjalaninya atas rahmat dan ridho Allah SWT. Kasih sayang Allah. Makanya doa yang paling sering kita baca seharusnya adalah:
Rabbana Aamanna Warhamna Wa Anta Khairu Roohimin
(QS 33 Al Mu'minun ayat 109)

Harta yang kita miliki, kendaraan bagus yang kita pakai adalah bukti rahmat Allah kepada kita. Bukan semata-mata hasil jerih payah kita. Anak yang kita cintai, istri yang kita sayangi juga merupakan bukti rahmat Allah kepada kita.

Begitu pun nanti di alam barzakh dan di negeri akhirat. Bebas dari siksa kubur, perlinndungan di hari kiamat, mudah ketika dihisab, mudah ketika lewat shirotol mustaqim, bebas dari neraka, dibukakan pintu surga, dan segala kenikmatan akhirat. Kita bisa selamat karena rahmat Allah juga.

Untuk menggapai Rahmat dan Ridho Allah SWT, ada tingkatan ilmu dan amal yang harus benar-benar kita perhatikan.

  • Ilmu yang bermanfaat
  • Amal baik
  • Amal sholeh (cirinya adalah ikhlas)
  • Amal yang diridhoi Allah SWT (cirinya adalah khusyu)

Pelajari ilmunya. Amalkan ilmunya. Ikhlash ketika mengamalkannya. Khusyu dan jangan salah fokus.

Selama ini kan kita kadang-kadang salah fokus. Harusnya fokus kepada Allah saja, bukan ke yang lain. Fokus ke Allah saja, bukan ke fadhilahnya amal.

Kunci Sukses Dunia Akhirat

1. Pelajari ilmu dunia dan juga ilmu akhirat. Pelajari ilmu jualan, ilmu marketing, ilmu manajemen bisnis, bahasa inggris, ilmu tauhid, ilmu tajwid, ilmu fiqih.

2. Jaga silaturahmi dan relasi (silaturahmi atau silaturahim sama saja). Dekat dengan orang-orang sukses. Dekat dengan orang-orang sholeh. Saat ini banyak sekali bermunculan komunnitas pengusaha yang sholeh. Pengusaha penghafal Al Quran.

3. Jaga amal baik dan sholeh. Lakukan sesering mungkin. Amal baik itu sifatnya umum. Amal sholeh adalah amal yang dilakukan dengan ikhlas. Ikhlas artinya berharap kepada Allah SWT saja, bukan yang lain.

4. Rutinkan amal ikhlash tersebut sampai suatu saat nanti amal kita akan menjadi amal yang diridhoi Allah SWT.

5. Jangan sombong. Jangan merasa kaya, merasa berilmu, merasa suci, merasa banyak amalnya.

6. Kurangi hasrat dunia. Hawa nafsu, angan-angan yang berlebihan. Hawa itu keinginan yang seperti ingin terkenal, ingin dipuji, dan gila jabatan. Nafsu itu seperti nafsu biologis/ birahi, dan serakah.

7. Selalu bersabar. Sabar itu menahan. Menahan nafsu atau menahan godaan. Selalu berprassangka baik baik ketika ditimpa musibah maupun ketika mendapat nikmat.

8. Selalu bersyukur. Nikmati apa aja yang ada. Jangan mencari yang gak ada. Nikmati. Syukuri. Punya innova syukuri, punya rumah syukuri, punya baju syukuri, bisa makan juga syukuri.

9. Sedekah setiap hari. Sebisa mungkin. Jika mempunyai kelebihan rezeki niatkan untuk ibadah, niatkan untuk menghidupkan agama islam.

10. Jangan lupa sedekah jariyah. Sedekah jariyah itu adalah sedekah yang pahala akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia. Sedekah pembangunan mesjid, pembangunan pesantren, pembangunan jalan, sedekah Al Quran.

11. Baca Al Quran setiap hari. Minimal 1 halaman per hari. Lebih bagus lagi 1 juz per hari. Baca juga Surat Al Waqiah, Surat Al Mulk, Yaasin.

12. Baca Shalawat setiap hari. Karena Al Quran dan shalawat bisa menjadi wasilah kita selamat di hari kiamat nanti.

13. Cintai orang tua. Sayangi. Bahagiakan. Karena ridhonya Allah ada pada ridhonya orang tua.

14. Ajarkan anak tentang agama Islam. Ajarkan tauhid, ajarkan baca tulis Al Quran.

15. Shalat malam. Shalat taubat, shalat tahajjud, shalat hajat.

16. Shalat sunnah fajar. Shalat sunnah fajar itu lebih baik daripada dunia dan isinya. Shalat sunnah fajar itu adalah shalat qobliyah shubuh.

17. Shalat dhuha. Minimal 8 rakaat.

Terakhir jangan lupa baca doa ini setelah sholat:
1. Robbanaa Aamanna Warhamna Wa Anta Khairu Roohimin
2. Robbanaa aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qina 'adzaabannaar.

Fahami betul isinya. Resapi maknanya.

Udah dulu ya. Cukup sekian dulu. Next time kita bahas mengenai ilmu apa saja yang harus kita pelajari yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, dunia dan akhirat.

=00=

Tag:
sukses dunia akhirat
kunci sukses dunia akhirat
motivasi hidup sukses dunia akhirat
sukses dunia akhirat dengan ridho allah

Terima kasih sudah membaca artikel urifhidayat.com. Kunjungi secara rutin www.urifhidayat.com.
Berisi panduan praktis seputar bisnis, dzikir, dan riyadhoh dengan bahasa ringan dan mudah dicerna. Dikunjungi 150.000 visitors setiap bulan.

Silahkan share ya, agar orang lain pun dapat merasakan manfaatnya

Baca Juga: