7 Sifat Uang yang Bisa Merubah Hidup Anda

Banyak orang yang beranggapan bahwa sukses itu adalah banyak uang. Padahal bukan. Banyak uang hanyalah salah satu indikator saja. Jadi sukses itu bukan sekedar banyak uang. Tapi sukses adalah berkelimpahan, kesehatan yang prima, hati yang lapang, dan kehidupan yang mapan.

uang logam

Kalau ada yang bilang "uang bukan segalanya", itu betul. Ada juga yang bilang, "segala-galanya butuh uang", juga betul.

Tapi yang perlu Anda pahami adalah "semakin Anda mengejar uang, Anda semakin miskin". Uang tidak boleh dijadikan sebagai tujuan. Uang hanyalah sebagai jembatan.

Jika uang dijadikan sebagai tujuan, maka Anda akan menjadi budak uang. Anda akan diperbudak uang. Anda akan ditundukkan oleh uang. Anda rela mengorbankan kesehatan Anda demi uang. Bahkan, parahnya ada juga yang rela mengorbankan kehormatannya demi uang.

Ada orang yang kaya, tapi hatinya sempit. Ia akan takut kehilangan uang. Kalau berbisnis, ia suka menilai keuntungan orang lain. Ia takut akan kompetitor. Ia takut kehilangan customer/ konsumen. Ia takut kehilangan uang. Itu artinya ia telah diperbudak uang. Ia telah diperbudak dunia.

Sebaliknya, jika uang dijadikan sebagai jembatan, maka Anda bisa mengendalikan uang. Uang akan menjadi budak Anda. Uang akan patuh kepada Anda. Bahkan uang akan bekerja demi Anda.

Yang dimaksud 'jembatan' dalam hal ini adalah uang dijadikan sebagai sarana. Sarana untuk hidup lebih baik. Sarana untuk membantu orang lain. Sarana untuk mensejahterakan orang lain. Sarana untuk ibadah dan mendekat kepada Allah SWT.

7 Sifat Uang yang Bisa Membuat Anda Kaya

Baiklah. Inilah sifat uang yang bisa merubah hidup Anda. Sifat uang yang bisa merubah Anda menjadi kaya.

1. Uang suka orang yang spesifik.

2. Uang suka orang yang yakin.

3. Uang suka orang yang memiliki prioritas.

4. Uang suka orang yang senang berbagi.

5. Uang suka orang yang berpengetahuan.

6. Uang suka orang yang lapang.

7. Uang suka orang yang tidak senang menunda-nunda.

1. Uang suka orang yang spesifik.

Spesifik itu jelas dan detail. Semakin spesifik, semakin jelas. Jika kita mempunyai impian, tulis impian itu, perjelas impian itu. Kapan dan berapa. Misalnya, Anda ingin mempunyai uang Rp 1 Milyar di akhir tahun 2020.

Semakin spesifik, semakin jelas tindakan apa yang harus Anda lakukan.

Jika ingin mempunyai penghasilan Rp. 1 Milyar selama setahun, maka per bulan kurang lebih Rp 100 juta. Minimal. Untuk mencapai Rp 100 juta per bulan, maka Anda harus menghitung berapa target closing per minggu, berapa phone call per hari dan berapa biaya promosi yang harus dikeluarkan.

2. Uang suka orang yang yakin.

Sehebat apapun impian Anda, jika tidak dibarengi dengan keyakinan, maka impian hanyalah tinggal impian. Impian hanya akan menjadi tulisan.

Anda harus yakin akan impian Anda. Anda harus yakin pada diri Anda. Dan yang terpenting, Anda harus yakin akan Yang Maha Kuasa.

Kita harus yakin kepada Allah. Yakin bahwa Allah Maha Kaya. Yakin bahwa Allah Maha Mengayakan. Allah juga yang Berkuasa untuk mengubah nasib seseorang. Jika sudah begini, perkara uang bukanlah perkara yang susah.

3. Uang suka orang yang memiliki prioritas.

Dalam hal mengatur keuangan, kita harus mempunyai skala prioritas. Mana yang harus didahulukan, mana yang bisa disegerakan. Bicara mengenai urutan pengelolaan keuangan, sebaiknya begini:
1. Sedekah
2. Utang/ Cicilan
3. Saving/ Menabung
4. Biaya Hidup

Mengenai keempat point ini saya akan bahas di artikel lain.

Selain itu, kita juga harus mempunyai skala prioritas dalam urusan bisnis. Mana customer yang penting dan mana yang tidak penting. Mana customer yang loyal, mana customer yang cerewet.

4. Uang suka orang yang senang berbagi.

Berbagi itu sedekah. Sedekah itu pahalanya besar sekali. Sedekah itu tidak melulu harus dengan uang. Bisa berupa tenaga, waktu dan pikiran. Senang membantu orang lain juga termasuk sedekah.

Semakin banyak berbagi, semakin banyak uang yang datang kepada Anda.

5. Uang suka orang yang berpengetahuan.

Uang suka kepada orang yang memiliki ilmu dan pengetahuan.

Jika Anda seorang business owner dan ada dua orang yang melamar pekerjaan. Satu orang memiliki pengetahuan dan pengalaman. Satu lagi tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman. Mana yang akan Anda terima? Tentu orang yang berpengetahuan yang akan Anda terima.

6. Uang suka orang yang lapang.

Hati yang lapang adalah hati yang tenang. Uang lebih suka kepada orang yang hatinya lapang, hatinya tenang. Ia tidak takut kekurangan. Ia tidak takut kehilangan uang. Ia tidak takut kehilangan pelanggan. Ia tidak takut akan persaingan. Karena ia berpikir bahwa uang itu berlimpah dan tidak terbatas. Rezeki itu luas dan tak terbatas.

7. Uang suka orang yang tidak senang menunda-nunda.

Semakin cepat anda ambil keputusan, maka semakin cepat pula uang yang bisa Anda dapatkan. Semakin cepat anda memulai bisnis, maka semakin cepat pula anda bisa mendapatkan profit.

Itulah beberapa sifat uang yang bisa Anda miliki. Sifat uang yang bisa membuat Anda berubah hidup menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel urifhidayat.com. Kunjungi secara rutin www.urifhidayat.com.
Berisi panduan praktis seputar bisnis, dzikir, dan riyadhoh dengan bahasa ringan dan mudah dicerna. Dikunjungi 150.000 visitors setiap bulan.

Silahkan share ya!

Baca Juga: